Opak Sili, Bukan Opak Biasa

Opak Sili, mungkin aneh terdengar bagi kebanyakan orang. Namun tidak bagi warga Demak, khususnya Desa Candisari, Kecamatan Mranggen.

Paganan yang terbuat dari  singkong ini merupakan ciri khas wilayah tersebut. Dinamakan Sili, karena memang pusat pembuatannya berada di Dusun Sili.

Bahkan, Dusun Sili dikenal sebagai sentra Opak Sili. Sebab dulu, hampir seluruh warganya memproduksi Opak Sili. Di setiap gang ataupun kampung banyak yang membuat opak secara home industri. 

Tak heran juga, jika kemudian banyak dijumpai pelataran rumah warga yang menjemur  adonan opak yang masih basah. Rata-rata mereka menekuni dan memproduksi opak dengan bahan dasar singkong ini secara turun temurun.

Menariknya, dalam hal produksi, dari dulu sampai sekarang tak pernah mengalami perubahan, hanya adonan singkong yang digiling secara manual setelah itu di jemur di bawah terik sinar matahari hingga kering untuk kemudian memasuki tahap penggorengan.

Menutur cerita legenda masyarakat sekitar, asal usul Opak Sili rupanya memiliki kisah yang menarik. Asal muasal ini pula, yang konon dipercaya, jika Opak Sili bukan opak biasa.

Soleh Kasun, pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Candisari berkisah, bahwasannya sesepuh desa jaman dahulu mengatakan, perempuan maupun wanita yang tengah mengikuti proses pengolahan Opak ini diharapkan tengah dalam keadaan suci dan bersih.

“Suci dan bersihnya wanita yang dimaksudkan, dalam hal ini seorang wanita tidak sedang dalam kondisi berhalangan maupun memasuki masa menstruasi, bahkan tidak diperkenankan tengah dalam kondisi tidak bersuci selepas berhubungan dengan pasangan. Karena mitosnya jika hal ini dipantang akan membuat adonan opak menjadi berlendir dan gagal produksi,” papar Soleh.

Namun terlepas dari cerita legenda itu, yang pasti, saat ini Opak Sili menjadi tetap eksis dan memiliki penikmatnya tersendiri. 

Opak Sili juga memiliki keunikan dengan ukuran relatif kecil, berbeda dengan opak lain atau sermiyer. 

Selain itu, Opak Sili juga memiliki warna lebih putih dibandingkan opak yang lain dan memiliki harga terjangkau. Opak Sili cocok untuk dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Desa wisata Candisari Mranggen Demak.