Kegiatan Seleksi dan Rekrutmen Tenaga Kerja Mandiri Tahun 2019

Posted on

Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak dalam upaya mengatasi dan mengurangi tingkat angka  pengangguran di Kabupaten Demak mengadakan Kegiatan Seleksi dan Rekrutmen Kegiatan Wira Usaha Baru melalui Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang bertujuan untuk menciptakan lapangan usaha kerja maupun untuk menambah penghasilan ekonomi masyarakat dengan membentuk Tenaga Kerja Mandiri, yakni Tenaga Kerja yang berdiri sendiri tidak bergantung atau tidak terikat kontrak dengan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak. Peserta diberi pelatihan selama tiga hari dan diberikan bantuan sarana usaha untuk mendukung usaha yang akan dijalankan dengan didampingi oleh pendamping Tenaga Kerja Sukarela yang direkrut oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dengan Kontrak Kerja Selama 8 Bulan. Adapun dana dari kegiatan tersebut bersumber dari dana Kementerian Ketenagakerjaan RI yang disalurkan melaui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak bidang Binapenta Dan Lattas melalui Seksi Pengembangan Dan Perluasan Kesempatan Kerja.

Kegiatan Seleksi dan Rekrutmen Tenaga Kerja Mandiri (TKM) dilaksanakan di balai Desa Kebonsari, Kecamatan Dempet pada hari Jum’at tanggal 3 Mei 2019 yang diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari masyarakat sekitar yang belum bekerja atau sedang mencari kerja. Acara dihadiri oleh Kepala Desa Kebonsari dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Desa, Kristanto, pembukaan dilakukan oleh Kasi Pengembangan Dan Perluasan Kesempatan Kerja, Heru Diyatno, S.Pd, proses seleksi dilakukan oleh Pengantar Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Demak, Eko Hardiyanto, SH. Proses seleksi mengambil 20 peserta yang akan dilatih sesuai pengajuan proposal masyarakat setempat.

Peserta yang terpilih seleksi sebanyak 20 orang yakni 10 laki-laki dan 10 wanita yang akan terbagi dalam dua kelompok pelatihan yakni Pelatihan Las bagi peserta laki-laki dan Pelatihan Tata Boga bagi peserta wanita. Kegiatan Pelatihan akan dilaksanakan selama 3( tiga ) hari . Dengan kegiatan TKM diharapkan mampu menambah penghasilan masyarakat dan mengurangi angka pengangguran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *